Tips dan trik usaha Jasa Cuci Motor


Blogerpreneur, Semarang | SeputarUsaha | Usaha cuci motor dan cuci mobil, Sohibpreneur yang selalu berusaha dan ingin sukses, kali ini ane kasih bocoran kalo mau buka Usaha cuci motor dan cuci mobil meski kudu pake tips dan trik berikut ini. InsyaALLAH bakalan lempeng dan enteng ngejalaninnya ... so langsung aja baca dan cermati apa aja yang kudu disiapin dan kalo dah buka apa yang perlu di tambahin biar customer yang mau cuciin motornya dateng ke tempat sohibpreneur gitu dan pastinya besoknya bakal dateng lagi ... OK, yuk kita simak aja langsung Tips dalam memulai usaha jasa cuci motor:

1. Ruang tunggu yang nyaman untuk konsumen.
Meskipun simple tapi sangat berpengaruh dalam memuaskan pelanggan, ini tidak bisa kita pungkiri mengingat waktu menunggu proses pencucian kendaraan customer bisa menunggu di ruangan yang nyaman syukur bisa disediakan TV kabel, game centre atau paket snack. jangan dilihat harga snack yang diberikan semisal snack plus minuman ringan senilai Rp. 5000 tapi dengan seharga itu bisa juga ada pancingan customer untuk membeli makanan atau minuman berikutnya. so prinsip menyelam sambil tenggelam bisa deh cuci motor sekaligus buka konter snack kecil-kecilan.

2. Variasi dengan usaha lainnya
Seperti diulas di nomor 1, dampingi atau lengkapi usaha cuci motor dengan usaha yang sekiranya bisa dan pantas mendampinginya ex : warung atau kedai minuman, membuka usaha ganti oli, membuka warnet atau game online, atau sekalian dengan paket bengkel ... jadi setiap customer masukin motor untuk service keluar sudah dalam keadaan bersih karena sekalian dicuci ... mantap kan?

3. Support Utama harus tersedia
Pastikan ketersediaan listrik dan air yang mencukupi. Jika tidak tersedia listrik dari PLN anda bisa menggunakan engine bensin sebagai penggerak semua peralatan usaha cuci motor anda. Jangan menggunakan GENSET pembangkit listrik sebagai sumber utama pasokan listrik anda, karena hal ini bisa membebani biaya operasional usaha anda.

4. Smile and Service
Untuk itu perlakukan konsumen anda sebagai raja, Ajarkan dan contohkan kepada karyawan anda untuk senantiasa sopan dan murah senyum terhadap konsumen anda, bisa juga tampilkan sosok karyawan top of the moon sebagai bukti reward kepada karyawan sekaligus sebagai bentuk support usaha kepada customer bahwa pelayanan usaha anda memang pantas dan senantiasa memperhatikan kualitas dan service memuaskan. juga perlakukan karyawan anda sebagai ASSET usaha anda, karena tanpa adanya karyawan usaha anda sudah dipastikan akan berakhir.

5. Save and Care
Pastikan anda tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak cat kendaraan dan jangan lupa pastikan anda menggunakan air tanah yang tidak mengandung garam. Karena air yang mengandung garam dapat merusak besi-besi pada kendaraan yang anda cuci. Pastikan mengerti tentang seluk beluk semua peralatan yang anda pergunakan. Jangan bergantung pada service center produk yang anda pergunakan. Usahakan anda dapat melakukan perbaikan tanpa bantuan dari Teknisi.

6. Utama meski bukan yang pertama
Pastikan lokasi anda cukup strategis, jangan memilih jalur/jalan alternative...Cobalah untuk memilih lokasi dekat dengan pemukiman penduduk. 

7. Sabar, tekun dan tawakkal
Jangan membuat analisa usaha yang terlalu berlebihan. Contohnya, anda membuat ROI atau BEP yang terlalu cepat. Karena pada hakekatnya, memulai sebuah usaha adalah perjuangan yang tiada hentinya...semua usaha membutuhkan proses dan waktu, yakin dan pupuk selalu keyakinan sohibpreneur OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar