Public Speaking to be a King

Blogerpreneur, Semarang | Enlighpreneur | Public Speaking sebuah tag yang lumayan baru dan bikin penasaran buat blogerpreneur, ngepasin hari ke lima di Bulan Puasa 2012 kebetulan ada undangan untuk menghadiri salah satu sesi Public Speaking and Business Communication di salah satu PTS terkemuka di Semarang. Asyik juga neh, kebayang bakalan diulas bagaimana cara yang bagus ngomong dan menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan baik dan benar ... yae.
What is the meaning of Public Speaking? dari keterangan pembicara tersampaikan bahwa bagaimana kita menyampaikan kepada orang lain dengan efektif dan efisien. Yah ketemu lagi deh bahasa efektif dan efisien padahal kira sendiri ga tahu yang namanya efektif dan efisien itu sebatas apa dan seperti apa? belum lagi kenapa sieh kita harus belajar Public Speaking? adakah alasan yang penting sehingga kita harus berusaha tahu tentang Public Speaking.
Akhirnya ketemu juga istilahnya ... Pertama Public Speaking haruslah menjadi diri kita sendiri alias "otentik" saat kita tampil dan menyampaikan apapun yang ada dibenak kita yang tentunya sudah dikonsep sebelumnya. Kalo dari bocoran nara sumber sih, intinya pede aja lagi alias jangan menjadikan ruang ataupun audience yang di depan kita anggap aja nggak ada. Situasi seperti apapun harus menjadi sebuah peluang dengan menggabungkan potensi yang ada pada diri kita sebagai satu karunia yang luar biasa dari ALLAH ... So be proud of you!!
Kedua Attitude dalam bahasa jawane grogi atau mengatasi bagaimana mengatasi hambatan kepribadian, fokus pada topik serta mampu mengontrol situasi dan membuat sebuah persiapan matang untuk menghasilkan speaking yang berkepribadian dan tidak canggung di depan audien.
Ketiga Empathy yaitu bagaimana sebuah kecerdasan dalam mendengar dan kecerdasan melihat sebagai sebuah nilai penting dalam mengapresiasikan produk, pesan atau peluang yang kita sampaikan. Ngoceh atau ngomong terus tanpa melihat kebutuhan dan keinginan customer menjadi sebuah tolak ukur dan nilai tersendiri bagaimana kualitas speaker itu sendiri ... so ayo mulai sekarang perhatikan sekeliling anda OK.
Meski sudah tenar dan terkenal Mba Shanti Rosalia, Rabu 25 Juli 2012 menyampaikan curhatnya bahwa pembicara tenar sekalipun pasti merasakan demam panggung dan finishing sebuah projek speaking di depan audience akan mengalami kegalauan dan kekhawatiran tersendiri. Body languange juga menjadi sebuah kalimat baku bagi seorang speaker agar tercapai tujuan efektif dan efisien serta mempunyai kekuatan yang berbeda dengan didukung intonasi, aksentuasi serta artikulasi yang jelas dan menjelaskan. 
Power dan speed of speaks juga tidak kalah penting yaitu bagaimana sebuah instruksi dan perintah bisa menjadi terjemahan yang berbeda dalam menyampaikan sesuatu. Intinya dalam sesi ini Mba Shanti ingin memberikan sesuatu yang berbeda dengan berbicara yang baik dan benar serta mampu memilih kosa kata dan konten yang sesuai pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah sesi speaking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar