Review Usaha Jasa Cuci Motor

cuci motor
Blogerpreneur, Cirebon | SeputarUsaha | Cuci motor dan cuci mobil sekarang lagi menjamur meski di musim panas, jamuran kali ya ... kebetulan ngepasin mudik eh itu kreta rada butek alias dekil bin kotor sob, ujung-ujungnya kalo ga dibersihin bakalan gak nyaman kalo dilihat dan bikin ga PD buat silaturahim berkunjung ke sanak saudara. Akhirnya usut punya usut jadilah ketemu jasa cuci mobil meski rada jauh tapi ga soal deh yang penting bisa buat bersihin kreta kebanggaan neh. Antri dan meski wajib sadar sabar banget, mengingat masih puasa dan kebetulan tinggal satu hari ... weeh kayaknya ujian yang paling kenceng neh, lha gimana ga bikin sebel? nunggu ampir 3 jam baru bisa bawa keluar tuh boil, padahal yang datengnya setelah ane aja udah keluar gimana ga bikin dongkol juga?

Tapi inget kata ustad yusuf mansur kalo lagi dongkol ngingetin aja gimana caranya tuh bikin ilang dongkolnya? ane malah jadinya inget gimana ya cara bikin usaha jasa cuci motor atau cuci mobil? sebenarnya dah lama juga seh,  bahkan sampai sempet ngitung modal dan searching cara usahanya biar mantep dan laku. Dan masih inget juga nasehat ustad yusuf mansur kalo mau sukses ya ngajak-ngajak orang gitu lah ... nah ini dia gambaran dan apa saja yang perlu disiapin untuk usaha jasa cuci motor

1. Mindset Cuci Motor
- Paham detail dan standar kebersihan motor berikut bagaimana membersihkannya
- Warning untuk bagian penting yang tidak boleh terkena air saat di cuci, prefentif sebelum kita harus ganti sparepart alias keluar uang padahal tujuannya kita cari uang ... betul tidak?
- Jeli dan cermat dengan bab pencatatan cashflow, modal maupun pendapatan yang diperoleh akan memudahkan menganalisa dan tindakan yang perlu di ambil selanjutnya.

2. Kebutuhan usaha- Ruang atau tempat yang cukup untuk usaha minimal luas 3 x 4 m paling tidak muat kapasitas 2-3 motor sekali proses.
- Alat cuci : Pompa Air, Kompresor, syukur sekalian bisa gunakan hidrolik, jangan lupa sabun/sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), pengilap cat motor, semir ban dan kuas untuk mengoles semir ban.
- operator alias Tenaga kerja. Minimal 2-3 orang, jangan lupa siapkan satu bagian untuk pencatatan alias kasir biar lebih mantap sob.

cuci motor


3. Tips Promosi.
- Uniform operator dan pelaksana cuci motor 
- Perbanyak dan variasi aneka promosi untuk menarik konsumen baru
- Buat Papan nama atau spanduk semenarik mungkin
- Buat Kerjasama dengan institusi atau jaringan komunitas
- Tawarkan hal yang unik

Untuk awal dan pemula kayaknya tulisan ini bisa digunakan untuk memulai usaha, tinggal kita hunting alat dan bagaimana perhitungan yang mantap dan tepat sekiranya biar usaha kita tidak jadi rugi nantinya. Tapi inget kata bung ippho untuk memulai usaha yang penting adalah keberanian untuk memulainya, jangan terlalu dipusingkan dengan segala sesuatu ketakutan akan rugi, tidak laku atau hal-hal yang bikin kita mengurungkan niat untuk usaha. so ayo usaha dari sekarang juga!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar